KULIAH UMUM PERIKANAN “PENGELOLAAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE DI INDONESIA”

Kampus dituntut harus lebih inovatif dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada mahasiswanya. Salah satu caranya adalah dengan mengundang para pakar untuk memberi kuliah umum sesuai dengan bidang keahliannya sehingga mahasiswa mendapatkan informasi terkini mengenai topik tertentu. Seperti kuliah umum Teknologi Penangkapan Ikan yang mengundang dosen tamu dari Kementrian Kelautan Perikanan yaitu Bapak Angga Nugraha, S.Pi., MESM. Beliau adalah seorang Senior Analyst di Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap yang lingkup pekerjaannya banyak mengkaji permasalahan alat tangkap yang ada di Indonesia.

Materi yang dibawakan oleh Pak Angga tersebut antara lain kebijakan dan pengelolaan alat tangkap purse seine yang ada di Indonesia. Kuliah umum yang dilaksanakan pada hari Kamis (27/05/2021) banyak membahas tentang permasalahan, pengaturan, dan prospek alat tangkap Purse Seine di Indonesia. Diskusi menjadi lebih menarik saat beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan seputar materi. Seperti saudara Aditia Mursyid Muhede yang menanyakan mengenai perkembangan kebijakan izin Cantrang yang ramai dibicarakan beberapa waktu  lalu.  Selain itu saudara Wahyu Hidayat juga mengajukan pertanyaan terkait topik yang dibawakan oleh pembicara.            

Acara ini dihadiri sekitar 70 orang peserta dan dipandu oleh Bapak Dr. Adi Susanto., S.Pi., M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah Teknologi Penangkapan Ikan. Dalam kalimat penutupnya dosen tamu memberikan motivasi pada mahasiswa perikanan UNTIRTA bahwa jangan merasa salah saat kuliah di bidang perikanan, karena prospek serta peluang dibidang ini sangat luar biasa. Selain dapat berkarir sebagai ASN, lulusan perikanan juga punya potensi untuk berwirausaha bahkan bekerja di NGO (Non Goverment Organisation) dengan penghasilan yang jauh lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *